Boeing MQ-25 T1 Pesawat Tanpa Awak, Berhasil Lakukan Pengisian Bahan Bakar di Udara

Boeing MQ-25 T1 Pesawat Tanpa Awak, Berhasil Lakukan Pengisian Bahan Bakar di Udara
Aset uji Boeing MQ-25 T1 mentransfer bahan bakar ke Angkatan Laut AS F/A-18 Super Hornet pada 4 Juni, menandai pertama kalinya dalam sejarah bahwa pesawat tanpa awak telah mengisi bahan bakar pesawat lain. MQ-25 Stingray akan mengasumsikan peran tanking berbasis operator yang saat ini dilakukan oleh F/A-18, memungkinkan penggunaan pesawat tempur yang lebih baik dan membantu memperluas jangkauan sayap udara operator. (Foto: Foxnews/Kevin Flynn)

AS - Forumpublik.com | Boeing MQ-25 T1 pesawat tanpa awak yang bekerjasama dengan Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) berhasil melakukan uji coba pengisian bahan bakar untuk pertama kalinya dengan sistem air to air atau melakukannya saat terbang di udara.

Proses uji coba ini dilakukan pada 4 Juni lalu dari Bandara MidAmerica di Mascoutah, Illinois, dimana Angkatan Laut Amerika Serikat mengerahkan satu unit pesawat jet tempur Navy F/A-18 Super Hornet sebagai penerima yang akan menjalani pengisian ulang bahan bakar ketika berada di angkasa. Dalam prosesnya drone Boieng MQ-25 T1 berhasil mengisi ulang bahan bakar ke dalam tangki pesawat jet tempur tersebut tanpa kesulitan.

Selama proses pengisian, pesawat jet temputr F/A-18 harus terbang dalam formasi mendekati drone Boeing MQ-25 T1 Stingray. Selain, itu jarak di antara keduanya harus mencapai 20 kaki paling sedikit. Kedua pesawat juga terbang dengan kecepatan dan ketinggian yang sama.

Bahan bakar kemudian dipindahkan dari drone aset uji dari Aerial Refueling Store (ARS) yang dikeluarkan Angkatan Laut ke jet tempur.
Pihak Boeing mengatakan, tonggak sejarah datang sudah melakukan proses pengujian sebanyak 25 kali untuk drone penerbangan uji MQ-25 T1. Simulasi tersebut dilakukan untuk menguji aerodinamika simulasi ekstensif pengisian bahan bakar di udara menggunakan teknik digital.

Drone ini akan dikirim ke Norfolk, Virginia, untuk uji coba penanganan dek pada kapal induk Angkatan Laut akhir tahun ini.

Baca juga: Peneliti Indonesia Nurjati Siregar, Temukan Parasit Malaria Bersembunyi di Limpa

Keberhasilan ini tidak membuat Boeing dan Angkatan Laut Amerika Serikat puas. Setelahnya mereka akan kembali mencoba melakukan proses pengujian dengan cara yang berbeda. Rencananya mereka akan melakukannya di atas kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat pada akhir tahun ini.

Selama ini proses pengisian bahan bakar ulang pesawat jet tempur dilakukan dengan menggunakan pesawat tanker KC-135 Stratotanker.Dengan ukuran yang sangat besar, pesawat tanker KC-135 Stratotanker memang kurang ideal jika dibandingkan dengan drone buatan Boeing yang ukurannya jauh lebih kompak dan tak berawak.
Capt. Chad Reed, manajer program untuk kantor program penerbangan kapal tak berawak AL mengatakan, di masa depan, pihak AL AS mengatakan, Stingray MG-25A akan menjadi pesawat tanpa awak berbasis operator operasional pertama di dunia dan menyediakan kemampuan pengisian bahan bakar udara dan intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) yang sangat memperluas jangkauan global, fleksibilitas operasional dan mematikan sayap udara operator dan kelompok pemogokan operator."

"Ini adalah misi kami, pesawat tanpa awak yang membebaskan pesawat tempur pemogokan kami dari peran tanker, dan menyediakan sayap udara pengangkut dengan jangkauan, fleksibilitas, dan kemampuan yang lebih besar," ucap Chad Reed dalam sebuah pernyataannya, dilansir dari laman Boing, Jumat (9/6/2021).

"Melihat MQ-25 memenuhi tugas utamanya hari ini, memicu F/A-18, adalah momen yang signifikan dan menarik bagi Angkatan Laut dan menunjukkan kemajuan konkret menuju mewujudkan kemampuan MQ-25 untuk armada," katanya.

Leanne Caret, Presiden dan CEO Boeing Defense, Space & Security mengatakan, acara pembuatan sejarah ini merupakan kredit bagi tim gabungan Boeing dan Angkatan Laut AS dalam memberikan kemampuan pengisian bahan bakar udara secara kritis MQ-25 kepada armada sesegera mungkin.

"Pekerjaan mereka adalah kekuatan pendorong di balik integrasi sistem tak berawak yang aman dan aman dalam segera operasi pertahanan," ucap Leanne Caret.

Lihat juga:
Harga Minyak Naik atas Pelonggaran Lockdown Eropa dan Permintaan AS
Prototipe Terbaru SpaceX Starship, Sukses Lakukan Pendakian dan Pendaratan
Kerusuhan di Capitol Hill, Larangan Trump di Facebook Ditegakkan oleh Dewan Pengawasan Saat Ini
Biden Batalkan Larangan Trump Terhadap Transgender yang Bertugas di Militer AS
Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti Ucapkan Selamat Untuk Joe Biden Dan Kamala Harris

Editor: Rianto

0 komentar:

Post a Comment