UU Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah, Menjawab Tantangan Desentralisasi Fiskal

Kick Off Sosialisasi UU HKPD di Demak, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (10/03/2022).
Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan UU HKPD, didesain untuk memperkuat dan menjawab sejumlah berbagai tantangan dari pelaksanaan desentralisasi fiskal, dalam kegiatan Kick Off Sosialisasi UU HKPD di Demak, Jateng, Kamis (10/03/2022). (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Forumpublik.com | Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan Undang-Undang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (UU HKPD) didesain untuk memperkuat dan menjawab sejumlah berbagai tantangan dari pelaksanaan desentralisasi fiskal.

"Meskipun 20 tahun sudah mencapai berbagai capaian yang baik, kita mengakui masih banyak PR yang harus diselesaikan dan hal hal yang perlu diperbaiki," ujar Menkeu dalam Kick Off Sosialisasi UU HKPD di Demak, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (10/03/2022).

Menkeu menjelaskan, selama 20 tahun terakhir, desentralisasi fiskal telah menunjukkan berbagai kinerja positif. Namun demikian, masih terdapat tantangan yang harus dihadapi dalam pelaksanaannya, seperti pemanfaatan transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) yang belum optimal dan struktur belanja daerah yang belum memuaskan.

"Kita melihat bahwa transfer ke daerah masih belum optimal dinilai apakah dari sisi kualitas belanja, maupun dari sisi sinkronisasi antara policy fiskal pusat dengan daerah. Belanja daerah juga masih didominasi oleh belanja yang sifatnya adalah untuk administratif atau dalam hal ini untuk membayar gaji pegawai. Belanja-belanja untuk membangun infrastruktur dan perbaikan sosial masyarakat masih sangat terbatas," kata Sri Mulyani.

Baca juga: Rombongan 80 Orang WNI yang Dievakuasi dari Ukraina Tiba di Indonesia

Di sisi lain, Menkeu menilai tax ratio di daerah juga masih perlu ditingkatkan. Meski Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) mengalami peningkatan, tax ratio di daerah masih berada di angka 1,2 persen pada tahun 2020 akibat pandemi.

"Basis pajaknya juga memang perlu untuk makin ditingkatkan atau diperluas. Saat ini baru 1,2% pada tahun 2020," ujar Menkeu.

Adapun pemanfaatan pembiayaan juga masih terbatas. Menkeu mengatakan daerah bisa lebih fleksibel meminjam di dalam rangka untuk tujuan produktif juga masih belum optimal. Sementara itu, sinergi fiskal pusat dan daerah juga masih belum optimal.

"Sinergi pusat daerah yang tidak sinkron menyebabkan kebijakan fiskal APBD dan APBN memberikan dampak yang kurang optimal, baik dari sisi ekonomi dalam bentuk pertumbuhan penciptaan, kesempatan kerja, penurunan kemiskinan dan dari sisi pelayanan publik," kata Menkeu.

Oleh karena itu, pemerintah bersama dengan DPR dan DPD, serta masukan secara luas dari masyarakat, akademisi, dan pemerintah daerah, melakukan amandemen Undang-Undang HKPD untuk mengevaluasi undang-undang sebelumnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas fiskal daerah, meningkatkan kualitas belanja di daerah, dan harmonisasi antara kebijakan fiskal pusat dengan fiskal di daerah.

Harapannya, dapat tercipta hubungan keuangan pusat dan daerah yang transparan, akuntabel dan berkeadilan, guna mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

"Dampak akhirnya adalah output dan outcome, yaitu layanan kualitas layanan kepada masyarakat membaik," ujar Sri Mulyani mengakhiri.

Lihat juga:
Menaker Ida Fauziyah: Untuk Pencairan JHT Dikembalikan ke Permenaker 19/2015
Pemerintah Berlakukan, Penumpang Wajib Isi e-HAC Sebelum Keberangkatan
Enam Dubes Negara Sahabat Serahkan Surat Kepercayaan pada Presiden Jokowi
99 Warga Negara Indonesia Dievakuasi Keluar Dari Ukraina
Panglima TNI Andika Perkasa Terkonfirmasi Positif Covid-19

Editor: Rianto

0 comments:

Post a Comment