Didampingi Ganjar, Presiden Kunjungi Pasar Malang Jiwan Colomadu dan Bagikan BLT

Didampingi Ganjar, Presiden Kunjungi Pasar Malang Jiwan Colomadu dan Bagikan BLT
Presiden Jokowi yang turut didampingi Gubernur Jateng saat mengunjungi Pasar Malang Jiwan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jateng, Senin (21/11/2022). (Foto: Istimewa)

KARANGANYAR (JATENG) - Forumpublik.com |
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kunjungi Pasar Malang Jiwan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), yang turut didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Jokowi tiba di pasar sekira pukul 08.05 WIB, Senin (21/11/2022). Jokowi kemudian membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan sembako kepada para pedagang pasar.

Tak hanya itu, Kepala Negara juga menyapa para pedagang sekaligus mengecek harga-harga barang yang ada di pasar tersebut.

"Ini kan akhir tahun, kita ngecek harga-harga barang di pasar, karena kondisi setiap provinsi juga berbeda-beda," ujarnya dalam keterangannya usai peninjauan.

Menurut Presiden, kegiatan kunjungan ke pasar rutin dilakukan untuk mengetahui harga-harga barang di pasar. Sebab, pada Kamis (17/11/2022) lalu, Presiden juga sempat mengunjungi pasar di Bali dan menemukan perbedaan harga di antara provinsi tersebut.

"Kemarin saya ngecek di Bali ternyata berbeda dengan yang ada di provinsi yang lain, ini kita cek di Provinsi Jawa Tengah," ungkap Presiden.

Salah satunya adalah harga minyak goreng dan tempe yang saat ini diketahui sedang mengalami kenaikan.

Di Pasar Colomadu, imbuh Presiden, ditemukan kenaikan harga komoditas minyak goreng Rp2.000 per liter. Selain itu, tempe juga naik karena bahan baku kedelai saat ini Rp15 ribu per kilogram.

"Itu fakta di lapangan yang kita temukan, dan nanti akan dicarikan solusinya," tandasnya.

Baca juga: Danrem 074/Warastratama dan Ketua Persit Koorcab Kunker di Kodim 0726/Sukoharjo

Pada kesempatan tersebut, Ganjar mengatakan hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan inflasi menjelang akhir tahun.

"Beberapa komoditas tadi stabil ya. Pak Presiden ingin meyakinkan saja apa yang terjadi di pasar-pasar, khususnya pasar tradisional seperti ini," ujar Gubernur Ganjar Pranowo.

Dia mengakui, ada beberapa komoditas mengalami kenaikan harga. Namun, sebagian besar relatif turun.

"Mudah-mudahan bisa semakin terkendali. Tadi kedelai yang agak tinggi, tapi relatif yang lain sudah turun," lanjutnya.

Menurutnya, aktivitas Presiden Jokowi turun ke lapangan dalam rangka menjaga stabilitas harga bahan pokok. Utamanya terkait dengan pangan dalam konteks pencegahan inflasi.

"Ini bagian dari aktivitas Pak Presiden dalam menjaga kenaikan harga, khususnya tetkait dengan pangan. Ini konteks pencegahan inflasi juga," tegasnya.

Lihat juga:
Pentingnya Pelatihan PBB Bagi Siswa SMP
Cegah Wabah PMK, Babinsa Plumbungan Lakukan Penyemprotan Ternak
UU Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah, Menjawab Tantangan Desentralisasi Fiskal
Dorong Perempuan Mandiri, Dinas Pendidikan Kepemudaan Olahraga dan Kemendikbudristek Banjarnegara Gelar GP3M

Penulis: Dio S
Editor: Rianto

0 comments:

Post a Comment