Solusi dan Penyebab Persneling Mobil Manual Macet, Sulit di Pindahkan

Solusi dan Penyebab Persneling Mobil Manual Macet, Sulit di Pindahkan
Ilustrasi: Persneling mobil manual. (Istockphoto/fbxx)

Forumpublik.com
--
Pemilik mobil manual kadang suka merasa tuas transmisi keras sehingga proses pemindahan gigi sulit dilakukan. Ada beberapa penyebab tuas transmisi suka macet seperti itu dan di antaranya bukan sesuatu yang harus langsung dicek ke bengkel.

Mengutip situs resmi Auto2000, masalah transmisi 'ngadat' memang bisa muncul pada mobil manual. Salah satu contohnya, saat mesin mati persneling mudah dipindah-pindah namun ketika mesin hidup perseneling terkesan mengunci bahkan susah masuk gigi sama sekali.

Jika dipaksakan malah jadinya terdengar bunyi kasar dan berpotensi merusak gigi percepatan.

Masalah itu dikatakan muncul bisa karena setelan free play (gerak bebas) pedal kopling terlalu besar. Bila demikian kita dapat melakulan penyetelan ulang dengan mengatur setelan baut untuk memperkecil free play.

Sebelum melakukan itu, mesti dipahami dulu tentang sistem kopling. Umumnya ada dua sistem penggerak kopling yang meneruskan injakan pedal kopling ke sistem kopling yaitu berbasis kabel dan hidraulis.

Pada model kabel, penyetelannya terletak di bawah samping kepala babi (rumah kopling). Penyetelan dilakukan dengan memutar baut penyetel. Sementara model hidraulis penyetelannya ada pada pedal kopling, posisinya pada ujung pedal.

Selain karena free play, bisa juga persneling tidak bisa dipindah karena kampas kopling sudah tipis. Bila kampas kopling sudah aus maka kemampuannya meneruskan tenaga tidak maksimal. Gejala untuk penyakit ini yaitu mobil akan berjalan pada putaran mesin tinggi meski pedal kopling sudah diinjak maksimal.

Penyelesaian buat penyakit seperti itu yakni mengganti kampas kopling dengan yang baru.

Pada sistem kopling hidraulis kebocoran minyak kopling juga bisa menyebabkan gigi transmisi sulit dipindah, bahkan tidak bisa masuk sama sekali.

Cara penyelesaiannya komponen penyebab kebocoran mesti diganti. Misalnya karet-karet master silinder kopling (silinder kopling atas) dan silinder kopling bawah.


Lihat juga:
Memahami 5 Energi Alternatif untuk Menghasilkan Listrik
Ahli Arkeologi Galilea Temukan Gereja Purba Para Rasul Dekat Laut Galilea
NASA Temukan Tiga Planet Baru Dua Kali Lebih Besar dari Bumi
Menilik Bahan Baku 3 Plastik Kresek Ramah Lingkungan
Cuaca Panas, Bra Pendingin Atasi Keringat Payudara
Luhut: Perusahaan Jepang, Softbank Ingin Investasi Mobil Listrik di Indonesia


Melansir juga dari situs Showroommobil, Rabu (18/09/19),aAdapun penyebab gigi macet saat dipindahkan tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Mur atau Baut Penyetel Spelling ( jarak renggang ) Tuas Persneling

Penyebab gigi macet saat dipindahkan yang pertama ialah baut penyetel spelling jaraknya renggang. Apabila anda menyetel nya terlalu sempit, pada saat anda akan melakukan perpindahan gigi memang akan terasa empuk, namun akselerasinya agak lamban. cara kerja kopling mekanik memang wajib anda pahami agar memudahkan anda saat berkendara.

Sebaliknya apabila anda menyetelnya terlalu renggang maka anda akan kesulitan ketika melkaukan perpindah gigi, biasanya akan terasa macet atau keras. Nah untuk itu sobat settinglah sesuai dengan ukuran yang pas yang sesuai dengan manual book yang ada apda mobil anda, normalnya untuk penyetelan ini adalah sekitar 3 mm.

2. Cek Arm Pendorong Kopling

Penyebab gigi macet saat dipindahkan yang kedua ialah bagian pendorong kopling bermasalah. Jika bola penenkan arm otomatis dan alurnya sudah mulai rusak, biasanya gigi atau persneling ini akan susah dimasukkan atau dengan kata lain macet. Untuk itu lalukan pengecekan terhadap arm ini ya sobat. komponen kopling mekanik yang satu ini memang cukup penting dan sangat berpengaruh terhadap kinerja kopling secara keseluruhan.

3. Pelat Kopling

Salah satu penyebab gigi macet saat dipindahkan lainnya adalah pada pelat kopling mobil anda. Apabila komponen yang satu ini posisinya sudah melengkung, posisi kerenggangan kampas kopling biasanya tidak akan maksimal, yang akan berakibat pada kemacetan atau kesusahan pada saat akan melakukan perpindahan gigi. Untuk itu pastikan pelat kopling ini posisinya tidak melengkung. cara kerja kopling mobil secara keseluruhan juga sangat berpengaruh pada bagian ini ya sobat.

4. Tuas Pemindah Gigi Lepas atau Jebol

Tanpa anda sadari, seiring berjalannya waktu biasaya sering kali kita temui tuas pemindah gigi pada mobil anda lepas atau bahkan jebol sama seklai dan hal tersebut biasaya luput dari perhatian anda apa yang menjadi penyebabnya.

Jika hal tersebut terjadi pada mobil anda, maka tidak usah ditanyakan lagi ya sobat, bukan hanya macet tetapi bahkan ketika anda melakukan perpindahan gigi kemungkinan akan sangat susah. Untuk itu anda harus memahami fungsi kopling mobil agar saat menggunakannya tidak sembarangan atau pun berperilaku kasar.

5. Oli Pada Bagian Transmisi Anda Kering

Penyebab gigi macet saat dipindahkan yang lainnya dan tergolong krusial adalah masalah oli pada bagian transmisi mobil anda. apabila pada saat anda melkaukan pindah gigi namun teras macet dan susah itu bisa saja diakibatkan oleh oli transmisi anda sudah kering.

(Fp/RJv)
loading...

0 komentar:

Post a comment