Tips Cara Menjaga Baterai Kendaraan Tak Cepat Soak dan Tekor

Tips Cara Menjaga Baterai Kendaraan Tak Cepat Soak dan Tekor
Ilustrasi: Tips Cara Menjaga Baterai Kendaraan Tak Cepat Soak dan Tekor (Foto: Nissan)

Forumpublik.com
--
Baterai atau akrab disebut aki punya peranan yang sangat penting pada semua jenis kendaraan. Oleh sebab itu menjaga daya baterai adalah hal utama agar tidak cepat soak. Umumnya rata-rata pemakaian baterai mobil sekitar tiga tahun.

Fungsi utama dari aki adalah untuk menyuplai daya listrik bagi komponen-komponen mobil lainnya. Saat aki mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka kenyamanan pengendara dan penumpang mobil pun menjadi terganggu.

Untuk diingat baterai menyimpan sumber energi untuk menyalakan mesin kendaraan. Peran baterai sangat penting menyuplai energi listrik pada bagian mobil seperti lampu.

Namun terkadang karena berbagai alasan, pemilik mobil sering mengabaikan perawatan penyimpan energi listrik ini. Tidak heran jika usia baterai lebih singkat, imbas tidak mengerti cara menggunakan kendaraan dan tidak tepat melakukan perawatan secara rutin.

Melansir dari CNN, Rabu (18/09/19), berikut ini beberapa tips untuk memperpanjang umur baterai kendaraan.

1. Mematikan beban baterai saat starter mesin mobil

Sebelum menyalakan mesin, terlebih dahulu mematikan beban listriknya, seperti lampu, audio, dan pendingin ruangan agar beban baterai tidak terlalu berat. Saat menyalakan mesin, starter membutuhkan arus yang sangat besar dari aki. Berbagai peralatan yang dibiarkan hidup tidak hanya akan menguras daya aki mobil, tetapi juga berisiko merusak sistem listrik mobil.

2. Memanasi mobil secara rutin agar untuk menjaga daya baterai

Jangan biarkan aki mobil kering (tidak terdapat daya listrik). Jika memanaskan mesin mobil secara teratur meskipun tidak menggunakannya adalah baik untuk menjaga agar aki tetap terisi. Selain untuk memanaskan mesin kendaraan, hal ini bertujuan untuk mengisi kembali tenaga pada aki sehingga aki mobil tidak drop pada saat akan digunakan kembali.

3. Periksa kondisi terminal aki

Periksa kondisi terminal aki secara berkala dari karat dan kerak putih. Kerak putih pada terminal aki dapat memperpendek umur aki. Cara membersihkannya mudah, yakni gunakan sikat kawat untuk membersihkan karat. Lalu, oleskan oli gemuk (grease) pada terminal aki untuk mencegah karat. Adapun untuk membersihkan kerak putih gunakan air panas.

Siram ke terminal aki yang ada kerak putih hingga kerak putih tersebut rontok. Gunakan sikat kawat bila diperlukan, kemudian lap dengan kain untuk mengeringkan permukaan yang basah. Jika kamu tidak sempat membersihkan sendiri, pastikan montir di bengkel kepercayaan kamu memeriksa dan membersihkan terminal aki secara teratur.

4. Servis secara rutin

Cara alternatif untuk merawat aki adalah dengan sering melakukan servis secara rutin. Pada saat servis, baterai mobil akan diperiksa dari mulai jumlah elektrolit, kondisi terminal, dan sebagainya dilansir dari Daihatsu Indonesia.

Lihat juga:
Ahli Arkeologi Galilea Temukan Gereja Purba Para Rasul Dekat Laut Galilea
NASA Temukan Tiga Planet Baru Dua Kali Lebih Besar dari Bumi
Menilik Bahan Baku 3 Plastik Kresek Ramah Lingkungan
Cuaca Panas, Bra Pendingin Atasi Keringat Payudara
Luhut: Perusahaan Jepang, Softbank Ingin Investasi Mobil Listrik di Indonesia
Makanan Pertama yang Dimakan Neil Armstrong dan Buzz Aldrin di Bulan


Berikut ini juga adalah beberapa tips yang harus diperhatikan dalam merawat aki mobil agar tidak cepat tekor, seperti dilansir dari Nissan:

1. Perhatikan beban penggunaan aki

Salah satu cara terbaik untuk merawat aki mobil adalah dengan memerhatikan beban penggunaan aki secara berkala. Pengecekan harus dilakukan secara rutin. Pengecekan ini berguna agar kondisi aki bisa diketahui secara tepat. Pengecekan beban penggunaan aki sendiri bisa dilakukan di bengkel resmi Nissan terdekat di kota Anda.

2. Bersihkan aki secara berkala

Salah satu tips termudah dalam menjaga kondisi aki adalah dengan membersihkan aki secara berkala. Salah satu bagian yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah bagian terminal aki. Terminal aki biasanya tertutup oleh debu dan kotoran. Hal ini menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi terhambat. Cara termudah untuk membersihkan terminal aki adalah dengan membersihkannya dengan sikat kawat atau sikat plastik.

3. Panaskan mobil secara berkala

Tahukah Anda bahwa memanaskan mobil adalah salah satu cara terbaik dalam merawat kesehatan aki mobil Anda? Meski mobil tidak sedang akan dipakai namun memanaskan mesin mobil setiap hari adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Mobil yang tidak pernah dipanasi akan memberi dampak pada kondisi aki. Aki akan menjadi cepat tekor dan soak. Oleh karena itu, biasakan untuk memanaskan mesin mobil setiap hari setidaknya selama 5 hingga 10 menit.

4. Pastikan ketersediaan listrik di dalam aki

Menjaga suplai listrik di dalam aki adalah salah satu cara terbaik dalam merawat aki mobil Nissan Serena Anda. Saat Anda merasa mobil sudah mulai sulit dinyalakan maka ada kemungkinan jika cadangan listrik di dalam aki mobil Anda sudah mulai menipis. Segera isi ulang cadangan listrik mobil Anda.

5. Lepas kabel aki saat mobil digunakan

Saat mobil akan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang maka ada baiknya untuk melepaskan kabel aki dari terminal penghubungnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus. Jika dibiarkan terus menerus maka akan berakibat pada aki mobil yang menjadi tekor atau soak.

6. Pilih aki kering dengan kualitas terbaik

Aki kering yang ada digunakan oleh mobil Nissan Serena adalah salah satu aki kering dengan kualitas terbaik yang ada di pasaran. Untuk kenyamanan mengemudi ada baiknya agar selalu menggunakan aki kering dengan kualitas terbaik. Salah memilih model aki atau memilih aki abal-abal hanya akan merusak komponen mobil Anda yang lainnya. Hal ini dikarenakan aki mobil berhubungan erat dengan kelistrikan mobil. Jika suplai listrik ke dalam komponen-komponen lain terganggu, bukan tidak mungkin komponen tersebut akan cepat rusak atau bermasalah.

(Fp/RVj)
loading...

0 komentar:

Post a comment