Versi World Economic Forum, Berikut Negara Terbaik untuk Dikunjungi

Versi World Economic Forum, Berikut Negara Terbaik untuk Dikunjungi
Ilustrasi. Forum Eknomi Dunia atau lebih dikenal dengan nama World Economic Forum (WEF). (Poto:World Economic Forum)

Kepri, Forumpublik.com -- Forum Eknomi Dunia atau lebih dikenal dengan nama World Economic Forum (WEF) adalah sebuah yayasan organisasi non profit yang didirikan di Jenewa dan terkenal dengan pertemuan tahunannya di Davos, Swiss yang mana selalu mempertemukan para pemimpin atas bisnis dunia, pemimpin politik seluruh dunia, cendekiawan dan wartawan terpilih untuk mendiskusikan masalah penting yang dihadapi dunia termasuk kesehatan dan lingkungan.

Forum ini juga mengadakan "Annual Meeting of the New Champions" di Cina dan beberapa sesi pertemuan wilayah setiap tahunnya. Organisasi ini didirikan pada tahun 1971 oleh Klaus M. Schwab, seorang profesor bisinis di Swiss.

Selain pertemuan, Forum ini menghasilkan beberapa seri laporan penelitian dan melibatkan anggotanya untuk melakukan inisiatif di sektor-sektor tertentu.

Sepanjang tahun 2018, Spanyol menerima kunjungan dari wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 82,6 juta orang. Jumlah itu otomatis menjadikan Spanyol sebagai negara kedua di dunia dengan jumlah kunjungan wisman terbesar di dunia.

Namun belum lama ini Spanyol baru saja didaulat sebagai negara terbaik untuk dikunjungi berdasarkan Laporan The Travel & Tourism Competitiveness yang dirilis World Economic Forum (WEF) tahun 2019.

Mengutip CNN, Senin (09/09/19), ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar bisa 'didapuk' sebagai pemenang dalam laporan ini, beberapa di antaranya adalah lingkungan bisnis, keamanan, kesinambungan lingkungan, kesehatan, kebersihan, sumber daya manusia, dan lainnya.

Dalam laporan yang diterbitkan setiap dua tahun ini, Indonesia berada di peringkat 40 dari 140 negara yang masuk dalam daftar atau terpaut 11 peringkat di bawah Malaysia. Sedangkan Thailand berada di peringkat ke-31, dan Singapura jauh bertengger di posisi ke-17.

Meski terpaut 11 peringkat, Indonesia terus merangkak naik ketimbang Malaysia yang merosot. Tahun 2017 Indonesia berada di posisi ke-42, sementara Malaysia berada di posisi ke-26.

Dari tren positif ini, setidaknya ada satu hal yang harus diperhatikan oleh Indonesia terkait peringkat yang didasarkan dari laporan The Travel & Tourism Competitiveness, yaitu nilai Indonesia dalam kategori kesinambungan alam merupakan salah satu yang terindah.

Untuk kategori ini, nilai yang didapat oleh Indonesia yakni 3,5, atau terpaut 0,3 poin dari nilai rata-rata negara di ASEAN untuk kategori tersebut.

Berikut adalah daftar 10 negara terbaik untuk dikunjungi, dan 10 negara yang masuk dalam pertingkat paling bawah.

1. Spanyol
2. Prancis
3. Jerman
4. Jepang
5. Amerika Serikat
6. Inggris
7. Australia
8. Italia
9. Kanada
10. Swis
131. Yaman
132. Chad
133. Liberia
134. Burundi
135. Kongo
136. Mauritania
137. Angola
138. Haiti
139. Burkina Faso
140. Sierra Leon

Lihat juga:
Sejarah: 30 Tahun Ada, Festival Lembah Baliem Baru Didatangi Menteri
Menjaga Keasrian Taman Wisata Alam Jering Menduyung yang di Dominasi Mangrove
Berikut 8 Jenis Makanan Penyebab Kanker Otak
Thailand untuk Pertama Kali Distribusikan Minyak Ganja Medis
Pandangan dari Panatapan Huta Ginjang, Danau Toba bak Rasa Swiss

(Fp/CNN)
loading...

0 komentar:

Post a comment