Sorot Indonesia Menduga Adanya Penyalahgunan Anggaran Pembebasan Rel Kereta Api

Sorot Indonesia Menduga Adanya Penyalahgunan Anggaran Pembebasan Rel Kereta Api
Ismar SH, Kepala Biro Maros Sorot Indonesia. (Foto: Andi Patawari/Forumpublik.com)


MAROS (SULSEL) - Forumpublik.com | Terkait pembebasan lahan untuk Rel Kereta Api (KA) di Desa Tellumpoccoe, Desa Ma'rumpa dan Kel Hasanuddin Kecamatan Marusu, Kabupaten. Maros, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sorot Indonesia angkat bicara, akan adanya keluhan warga atas pembebasan lahan Rel KA tersebut.

Sorot Indonesia menilai, adanya kejanggalan penyalahgunaan akan anggaran pembebasan Rel KA terhadap ganti rugi lahan warga yang terdampak.

Saat ini yang terjadi di Kabupaten Maros, dimana pihak penyelenggara pembebasan lahan Rel KA, masyarakat belum menginginkan harga lahan tanah dan bangunanya itu terjual dengan harga yang tidak sesuai dengan masyarakat inginkan.

Ismar SH, selaku Kepala Biro Maros Sorot Indonesia mengatakan, seharusnya pemerintah membayar warga dengan harga yang tidak merugikan dengan memberikan ganti rugi harga yang layak untuk mereka.

"Bukan untuk merugikan rakyat, akan tetapi pada dasarnya pengadaan tanah untuk kepentingan umum dilaksanakan dengan pemberian ganti kerugian yang layak dan adil," pungkas Ismar, di Maros, Sabtu (26/9/2020).

Baca juga: Warga Keluhkan Sampah Menumpuk Pasca Kebakaran Disekitar Pasar Pannampu

Ismar melanjutkan, harga taksasi lahan Rel KA bervariasi dari pihak penyelenggara pembebasan lahan Rel KA, dimana satu objek lokasi ditemukan harga yang berbeda.

"Ada apa, seharusnya harga tanah sama harganya tetapi ini berbeda," ucap Ismar dengan nada tanya.

"Untuk itu, kami dari LSM Sorot Indonesia Akan melaporkan keganjilan dalam hal ini pembayaran pembebasan tanah Rel KA yang tidak sesuai terhada warga masyarakat ke Aparat penegak hukum," tutup Ismar.

Lihat juga:
Tes Kesamaptaan Rutin, Kapolres Pangkep: Untuk Mengetahui Kondisi Fisik Personil
Kebakaran Yang Menghaguskan Ratusan Rumah Disekitar Pasar Pannampu
Terapkan Protokol Kesehatan Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Pangkep Lakukan Ini
Menjelang HUT HKGB Ke-68 Bhayangkari Cabang Pangkep Gelar Baksos
Pelayanan Berbasis Keumatan Salah Satu Prioritas Kepala Desa Kalosi

Penulis: Andi Patawari
Editor: Manto

0 comments:

Post a Comment