Studi AAP: Tempat Tidur Lunak Menjadi Faktor Utama Kematian Bayi Mendadak

Studi AAP: Tempat Tidur Lunak Menjadi Faktor Utama Kematian Bayi Mendadak
Bantalan polong tidur, sarang, tempat tidur gantung bayi dan bumper dipan dapat menimbulkan risikomati lemas bagi bayi di bawah 12 bulan, kata The Lullaby Trust. (Photo: Shutterstock/FamVeld)

Forumpublik.com |
Sebuah studi Penelitian di Amerika Serikat tentang hampir 5.000 Kematian Bayi Tak Terduga Mendadak (SUID) menemukan bahwa tempat tidur lunak ataupun disebabkan selimut yang terlalu lembut, faktor utama paling banyak disalahkan atas sebagian besar korban jiwa.

Dalam data yang dilacak Centers for Disease Control and Prevention (CDC), yang mencakup kematian yang terjadi pada anak-anak di bawah usia 1 tahun dari 2011-2017, 72% kasus melibatkan "tempat tidur yang tidak aman."

Studi yang diterbitkan dalam jurnal American Academy of Pediatrics (AAP), asosiasi profesional pediatris Amerika yang bermarkas di Itasca, Illinois, edisi ini menemukan bahwa hanya 1-2% suid yang mencatat tidak ada faktor tidur yang tidak aman.

Studi ini juga mencatat bahwa belum ada penurunan yang signifikan dalam SUID sejak 1990-an, meskipun ada peningkatan pesan dan pedoman tentang kebiasaan tidur yang aman bagi bayi.

Baca juga: Peneliti Identifikasi 50 Gen Tambahan untuk Warna Mata

Saat ini, CDC menyarankan untuk menempatkan bayi di punggung mereka untuk tidur setiap saat, apakah tidur siang atau tidur malam.

Agensi merekomendasikan permukaan tidur datar yang tegas di tempat tidur yang disetujui oleh keselamatan yang ditutupi oleh lembaran yang dipasang, dan untuk menjaga area tidur di ruangan yang sama di mana Anda tidur sampai bayi berusia setidaknya 6 bulan, atau sampai satu tahun.

Ini juga menyarankan untuk menjaga tempat tidur lembut seperti selimut, bantal, bantalan bumper dan mainan lunak bersih dari area tidur, dan memeriksa untuk memastikan bayi Anda tidak terlalu panas.


Baca juga: Saran Peneliti: Makan Dengan Rasio Buah dan Sayuran ini, Dapat Membantu Hidup Lebih Lama

Dalam data tersebut, para peneliti menemukan bahwa sekitar 75% kematian yang dijelaskan dan kemungkinan mati lemas akibat obstruksi jalan napas yang dikaitkan dengan tempat tidur lunak.

"Faktor tidur yang tidak aman adalah umum dalam kasus SUID yang dijelaskan dan tidak dapat dijelaskan, tetapi kematian hanya dapat diklasifikasikan sebagai mati lemas untuk ~ 20% kasus," kata para peneliti, melansir dari Fox News, Rabu (28/04/2021).

Para peneliti mengatakan analisis lebih lanjut tentang kematian yang tidak dapat dijelaskan, termasuk peningkatan berkelanjutan pada penyelidikan dan dokumentasi adegan kematian, sehingga dapat menghasilkan hipotesis untuk penelitian fisiologis dan genetik.

"Hal ini, memajukan pemahaman kita tentang kesenjangan dalam penyelidikan SUID, dan meningkatkan pemahaman kita tentang bayi dengan risiko tertinggi," kata para peneliti.


0 comments:

Post a Comment