Kuliah Umum Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen “Keadilan Untuk Rakyat Miskin”

Kuliah Umum Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen “Keadilan Untuk Rakyat Miskin”
Dr. Hinca IP Panjaitan bersama Rektor UHN Medan Haposan Siallagan, Dekan Fak Hukum UHN Medan, Janpatar Simamora, Wakil Dekan I Fakultas Hukum UHN Lesson Sihotang dan Roida Nababan, di Aula Fakultas Kedokteran Lantai 6 Universitas HKBP Nommensen, Medan, Jumat (23/9/2022). ( Fhoto: Dok. Fak Hukum UHN)

MEDAN (SUMUT) - Forumpublik.com | Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan (FH UHN Medan) menggelar Kuliah Umum dengan Tema “Keadilan Untuk Rakyat Miskin” di Aula Fakultas Kedokteran Lantai 6 Universitas HKBP Nommensen, Medan, Jumat, 23 September 2022.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Lesson Sihotang, SH., MH yang juga merupakan Wakil Dekan I Fakultas Hukum UHN.

Pelaksanaan Kuliah Umum ini dikemas melalui Program “Obrolan dan Pendapat Intelektual dari Nommensen untuk Indonesia” (OPINI) Seri-1. Kegiatan ini dimoderatori oleh Lesson Sihotang, SH., MH yang merupakan Wakil Dekan I Fakultas Hukum UHN.

Dekan Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen Dr. Janpatar Simamora, SH., MH dalam Sambutannya menyampaikan bahwa Program “Obrolan dan Pendapat Intelektual dari Nommensen untuk Indonesia” (OPINI) Seri-1 merupakan salah satu program terbaru Fakultas Hukum yang ditujukan dalam rangka menambah wawasan akademik para mahasiswa.

"Nantinya program ini akan dilakukan secara rutin sebagai wadah akademik bagi para mahasiswa untuk menyerap ilmu pengetahuan dari berbagai narasumber terkemuka dan berkompeten di bidangnya," kata lulusan Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Padjadjaran Bandung ini.
Kuliah Umum Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen “Keadilan Untuk Rakyat Miskin”
Kuliah Umum yang dihadiri lebih dari 700 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen, khususnya Angkatan 2022 serta turut diramaikan dengan kehadiran sejumlah alumni Fakultas Hukum yang menjalankan profesi sebagai advokat diantaranya Hermansyah Hutagalung, Dingin Pakpahan, Daniel Panggabean, dan lainnya. (Fhoto: Dok. Fak Hukum UHN Medan)

Baca juga: Ungkap Kasus Judi Online, Polda Sumut Buka 107 Rekening Aliran Dana Big Bos

Lebih lanjut dikemukakan Janpatar Simamora yang juga merupakan pakar Hukum Tata Negara ini bahwa dalam setiap program ini nantinya tidak hanya sekadar menyampaikan obrolan, namun juga turut dibarengi dengan pendapat intelektual yang diharapkan dapat menjadi sumbangsih pemikiran dari Nommensen untuk Indonesia yang lebih baik.

"Para narasumber tidak hanya ngobrol, namun juga memberi pendapat intelektualnya sebagai sumbangan pemikiran guna membangun Indonesia yang lebih baik, khususnya dalam bidang hukum dan untuk edisi perdana ini kita hadirkan salah satu alumni terbaik Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen sebagai narasumber yaitu Abangda Dr. Hinca IP Panjaitan, SH., MH, ACCS, Anggota Komisi III DPR RI," lanjut lulusan Magister Hukum Universitas Gadjah Mada ini.

Ia mengatakan, Abangda Hinca IP Panjaitan merupakan sosok politisi multi talenta yang sudah melanglang buana dengan pengetahuan hukumnya ke berbagai negara di dunia.

"Banyak ilmu yang dapat kita serap dari beliau," katanya.
Kuliah Umum Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen “Keadilan Untuk Rakyat Miskin”
Dr. Hinca IP Panjaitan, yang merupakan anggota Komisi III DPR RI saat memberi materi kuliah umum di Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan. (Foto: Dok. Fak Hukum UHN Medan)

Hinca IP Panjaitan sebagai narasumber dalam Kuliah Umum ini menyampaikan bahwa Bangsa Indonesia saat ini, khususnya penegakan hukumnya sedang tidak baik-baik saja.

"Untuk itu para mahasiswa diharapkan turut berkontribusi memberikan pemikiran terbaiknya dalam upaya menata penegakan hukum yang mencerminkan penegakan keadilan bagi rakyat miskin," kata lulusan Sarjana Hukum Universitas HKBP Nommensen ini.

Ia menyampaikan, akan membantu adik-adik mahasiswa untuk turun ke lapangan melakukan pengawasan penegakan hukum yang berkeadilan serta turut serta mewujudkan negara hukum Indonesia yang berkeadilan demi masa depan bangsa yang lebih baik.

"Program ini merupakan terobosan baru Dekan, Dr. Janpatar Simamora, Angkatan 2001 dan Rektor Dr. Haposan Siallagan, Angkatan 1985 dan saya sendiri Angkatan 1983. Paling tidak 3 doktor sudah lahir dan kali ini bersinergi membangun negeri dari kampus yang bermotto “Untuk Tuhan dan Negara”," ungkap Hinca IP Panjaitan.

Rektor Universitas HKBP Nommensen Dr. Haposan Siallagan, SH., MH mengemukakan bahwa kegiatan ini merupakan program yang patut disambut baik.

"Karena akan sangat bermanfaat bagi pengayaan pengetahuan para mahasiswa dari Fakultas Hukum," kata Haposan Siallagan.

Kegiatan ini dihadiri lebih dari 700 orang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen, khususnya Angkatan 2022 serta turut diramaikan dengan kehadiran sejumlah alumni Fakultas Hukum yang menjalankan profesi sebagai advokat diantaranya Hermansyah Hutagalung, SH., MH, Dingin Pakpahan, SH., MH, Daniel Panggabean, SH., MH dan lainnya.

Lihat juga:
Dr. Janpatar Simamora Resmi Dilantik Sebagai Dekan Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen 2022-2026
Puluhan Warga Mandailing Natal Keracunan Gas, Bupati Minta PT SMGP Bertanggung Jawab
36 Dari 101 Korban PHK Kembali Gugat RS Marta Friska Medan Unit Usaha PT Karya Utama Sehat Sejahtera
"Deklarasi Forjuba" Bupati Nikson: Usulan Untara, Menanti Keputusan Jokowi
PDIP Medan Labuhan Tinjau Proyek Drainase Pengendalian Banjir

Redaksi
Editor: Rianto



0 komentar:

Post a Comment