Berikut Ini Teknis Cara Menerapkan Wisata Ramah Lingkungan

Berikut Ini Teknis Cara Menerapkan Wisata Ramah Lingkungan
Ilustrasi. Berikan dampak positif terhadap lingkungan tempat kamu melancong (Foto: Pexels/Mike Andrei)

Kepri
, Forumpublik.com --
Sudah saatnya peduli lingkungan menjadi gaya hidup setiap orang, termasuk ketika berwisata. Wisata Ramah-Lingkungan atau Wisata Hijau bisa menjadi cara berlibur tanpa mengurangi suka cita, sekaligus tanpa menyakiti bumi tercinta.

Hampir satu triliun orang berwisata lintas-negara setiap tahun. Hampir tidak disadari, para wisatawan yang hanya singgah tersebut punya kontribusi besar terhadap kerusakan lingkungan. Kontribusi itu bisa berwujud emisi karbon yang dihasilkan saat menempuh perjalanan udara, ekosistem alami yang terganggu karena kedatangan manusia, hingga akumulasi pemborosan selama Anda menginap di hotel.

Gagasan wisata ramah-lingkungan lantas muncul. Yaitu jenis wisata yang memberi penekanan pada perlindungan alam dan kultur di tempat Anda berwisata. Prinsip 3R (reuse, reduce, recycle) menjadi pedoman utama. Menjaga kelestarian alam, menghormati tradisi dan gaya hidup setempat, serta berkontribusi positif terhadap komunitas lokal, turut menjadi perhatian.

Beberapa tahun belakangan wisata ramah lingkungan mulai menjadi tren. Hal itu seakan menjadi sebuah jawaban akan masa depan bumi meskipun skalanya belum masif.

Beberapa komunitas mulai mencoba melakukan berbagai hal untuk menjalankan aktivitas wisata ramah lingkungan, mulai dari yang sederhana hingga ekstrem.

Mengutip This is Money, Senin (12/0819), berikut adalah tujuh langkah yang bisa dilakukan untuk mencoba liburan ramah lingkungan:

Liburan saat tidak musim liburan

Overtourism merupakan mimpi buruk bagi setiap destinasi wisata, Venesia dan Barcelona adalah dua contoh destinasi wisata yang warganya menolak kedatangan wisatawan.

Salah satu cara menyikapinya adalah bepergian saat sedang tidak musim liburan, selain tidak terjebak kerumunan aktivitas ini rupanya jauh ramah terhadap lingkungan.

Gunakan transportasi alternatif

Selama ini pesawat dipercaya sebagai satu-satunya moda transportasi yang ideal untuk melakukan perjalanan wisata. Namun kenyataannya, pesawat merupakan moda transportasi yang menyumbang emisi karbon terbesar.

Solusinya adalah meminimalkan intensitas penggunaan pesawat. Jika rutenya masih bisa ditempuh lewat jalur darat, ada baiknya menggunakan kereta api atau bus. Selain itu, kapal laut juga bisa dipilih sebagai moda transportasi untuk liburan.

Tinjau penginapan sebelum memesan

Sebelum memesan kamar untuk menginap, sebaiknya lakukan kroscek terhadap tempat menginap terkait penerapan kebijakan yang ramah lingkungan.

Jika penginapan tersebut memiliki situs resmi, maka bisa dipantau lewat jalur tersebut atau memeriksa kolom komentar di situs pemesanan hotel.

Perbanyak berjalan kaki

Jika dari lokasi A ke lokasi B jaraknya masih masuk akal untuk didatangi dengan berjalan kaki, maka sebaiknya lakukanlah. Karena selain menyehatkan, berjalan kaki memberi nilai tambah terhadap pengalaman berwisata seseorang.

Membeli produk lokal

Tak hanya ciamik untuk dijadikan oleh-oleh, tak sedikit bahan makanan yang dihasilkan oleh warga setempat juga berkualitas baik.

Salah satu cara sederhananya adalah pilih rumah makan kecil ketimbang restoran-restoran mahal yang memiliki banyak cabang di berbagai negara.

Bijak menggunakan air

Air adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Untuk itulah tidak alasan untuk membuang-buang air, entah dalam rutinitas keseharian maupun saat sedang liburan.

Jangan membawa barang berlebihan

Percaya atau tidak, membawa barang berlebihan akan membuat kadar emisi karbon menjadi lebih banyak. Untuk itu bawalah barang-barang seperlunya, karena selain membuat beban lebih ringan hal ini juga menjadikan udara lebih segar.

Manfaatkan teknologi

Selamatkan pohon dan punggung AndaĆ¢€”dengan cara mengunduh panduan wisata dan peta ke dalam perangkat komunikasi yang bisa Anda genggam. Buku panduan wisata paling terkemuka di dunia, Lonely Planet, menjual panduan wisata dalam bentuk digital yang memungkinkan Anda menyaring informasi yang Anda butuhkan dan melihat panduan itu melalui PDA. Beberapa maskapai penerbangan asing menawarkan tiket tanpa-kertas. Maskapai tersebut akan mengirimkan kode yang bisa dipindai melalui telepon genggam atau PDA Anda.

Lihat juga:
Jokowi Komitmen Benahi Danau Toba Jadi Kawasan Wisata Menarik dan Lengkap
Jokowi Dorong Geopark Kaldera Toba Masuk Jaringan Global UNESCO
Hari Persahabatan Internasional, Berteman Cegah Kekerasan
Berikut 6 Kawah Berpemandangan Menarik bak Lukisan di Indonesia
Ratu Inggris Sedang Liburan, Buckingham Dibuka untuk Turis

(Cnn/Red)
loading...

0 komentar:

Post a comment