Di Balik Pahitnya Pare, Berikut Manfaat Kesehatan Bagi Kulit dan Lainnya

Di Balik Pahitnya Pare, Berikut Manfaat Kesehatan Bagi Kulit dan Lainnya
Ilustrasi. Pare dipercaya dapat membantu menyehatkan kulit. (honestdocs)

Kepri
, Forumpublik.com --
Boleh jadi dahi akan mengernyit saat mencecap rasa pahit pare. Tapi, di balik rasa pahitnya, pare menyimpan manfaat bagi kesehatan kulit.

Pare merupakan salah satu sayuran yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Berbeda dengan sayuran lain yang terkesan hambar, pare memiliki rasa pahit yang begitu kuat.

Pare mengandung banyak vitamin. Di balik rasa pahitnya, terkandung banyak antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh, termasuk kulit. 

Sayur bertekstur renyah ini mengandung segudang manfaat kesehatan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan zat besi, magnesium, dan vitamin C yang ada pada pare berfungsi menghalau radikal bebas. 

Manfaat pare untuk kulit bisa digunakan dengan berbagai cara, tergantung pada khasiat yang diinginkan. Mengutip dari Cnn, berikut cara menggunakan pare untuk kesehatan kulit.

1. Menyehatkan kulit
Kulit yang sehat juga bisa didapat dari sebuah pare. Pare dipercaya dapat melawan infeksi atau penyakit pada kulit seperti peradangan dan psoriasis.

Pare juga disebut membantu kulit terbebas dari jerawat dan memberikan efek berkilau.

Penggunaannya sangat mudah. Anda cukup memasukkan pare dalam daftar menu diet harian.

2. Meminimalisir ruam
Ruam dan jerawat kerap bikin pusing banyak orang. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena pare bisa jadi solusinya. Pare dipercaya bisa mengatasi luka bakar akibat paparan matahari.

Ambil dua potong pare, lalu potong dan buang kulitnya. Rebus dalam panci, dan biarkan hingga mendidih selama kisaran 15 menit.

Setelah ditiriskan, tambahkan air rebusan tersebut pada air mandi Anda.

3. Gunakan sebagai masker
Membersihkan wajah juga bisa dengan menggunakan masker pare. Caranya mudah, siapkan pare dengan kulit yang sudah terbuang dan jeruk yang telah dikeringkan. Campur dan aduk keduanya hingga halus. Setelah siap, masker pare bisa diaplikasikan pada kulit wajah.

Selain jeruk, Anda juga bisa mencampurnya dengan mentimun. Hal ini akan membuat wajah tampak bercahaya.

Gunakan satu pare dan satu mentimun, campurkan keduanya hingga halus. Setelahnya, aplikasikan masker pare pada wajah Anda.

Selain itu, dilansir Food NDTV, pare juga mengandung kalsium dua kali lebih besar dibandingkan bayam. Ingin tahu apa lagi manfaat yang ada di balik pahitnya pare? Berikut ulasannya:

1. Mengontrol gula darah

Di Balik Pahitnya Pare, Berikut Manfaat Kesehatan Bagi Kulit dan Lainnya
Gula darah. (Foto: Thinkstock)

Pare mengandung senyawa yang mirip insulin bernama polypeptide-p atau insulin-p yang berfungsi mengendalikan gula darah pada pasien diabetes. Dilansir Food NDTV, konsumsi 2.000 mg jus pare dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah secara signifikan pada penderita diabetes tipe 2.

2. Menghalau kolesterol jahat


Di Balik Pahitnya Pare, Berikut Manfaat Kesehatan Bagi Kulit dan Lainnya
Ilustrasi kolesterol (Foto: Wikimedia commons)

Pare dapat digunakan sebagai anti-inflamasi serta menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Pare mengandung zat besi dan potasium yang berfungsi menyerap natrium berlebih di dalam tubuh. Hal ini akan berdampak baik pada penurunan risiko stroke serta meningkatkan kesehatan jantung.

3. Membuat kulit dan rambut lebih berkilau

Di Balik Pahitnya Pare, Berikut Manfaat Kesehatan Bagi Kulit dan Lainnya
Rambut sehat. (Foto: Thinkstock)
Tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk perawatan kulit dan rambut di salon ternama, ternyata konsumsi pare secara teratur dapat membuat kulit dan rambut terlihat lebih berkilau. Vitamin A, C, Biotin, dan zinc yang ada di dalam pare dapat membantu melembabkan kulit kepala dan mencegah rambut dari kerontokan. Selain itu, pare yang digunakan sebagai masker rambut dapat membantu mengurangi ketombe yang mengganggu.

4. Membersihkan hati

Di Balik Pahitnya Pare, Berikut Manfaat Kesehatan Bagi Kulit dan Lainnya
Ilustrasi jus pare. (Foto: Thinkstock)

Menurut sebuah penelitian dari International Journal of Vitamin and Nutrition, kandungan momordica charantia di dalam pare dapat melindungi hati dari racun berbahaya. Selain itu, antioksidan di dalamnya juga dapat meningkatkan fungsi kesehatan kandung kemih.

5. Menurunkan berat badan

Di Balik Pahitnya Pare, Berikut Manfaat Kesehatan Bagi Kulit dan Lainnya
Berat badan pengaruhi kesuburan (Foto: Thinkstock)

Pare sangat cocok dikonsumsi sebagai alternatif menu diet karena rendahnya kandungan kalori, lemak, dan karbohidrat yang ada di dalamnya. Selain itu, konsumsi pare secara teratur juga dapat memperlambat pengendapan lemak di dalam tubuh yang dapat meningkatkan berat badan.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Di Balik Pahitnya Pare, Berikut Manfaat Kesehatan Bagi Kulit dan Lainnya
Ilustrasi imun tubuh. (Foto: Pixabay)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pare mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan racun di dalam tubuh. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Pharmaceutical Research Journal pada 2010 lalu, jus pare segar dapat digunakan sebagai obat anti-karsinogen penyebab kanker serta anti-tumor yang ampuh.

7. Menyehatkan mata

Lakukan ini untuk menjaga kesehatan mata (Foto: Pixabay)

Di dalam pare terkandung nutrisi bermanfaat seperti beta-karoten dan vitamin A yang dapat meningkatkan fungsi penglihatan. Selain itu, konsumsi pare segar secara teratur dapat menghilangkan kantong mata yang timbul akibat kurang istirahat.

Lihat Juga:
Selain Pelengkap Masakan, Berikut Manfaat Hebat Daun Seledri
Berdayakan Sampah, Tukar Botol Plastik Gratis Tiket Kereta Keliling Roma
Makanan Pertama yang Dimakan Neil Armstrong dan Buzz Aldrin di Bulan
Berikut 4 Cara Mudah Agar Pipi Tak Cepat Kempot
Sebab Jeruk Dibungkus dalam Kantung Jaring Warna Merah

(S Ar/FP)

0 comments:

Post a Comment