Mamfaat dan Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Kulit Sehat dan Cantik

Mamfaat dan Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Kulit Sehat dan Cantik
Ilustrasi (Foto: thinkstockphotos)

Kepri, Forumpublik.com -- Kelapa memberikan banyak manfaat bagi manusia, mulai dari daun hingga akarnya. Olahan minyak kelapa dapat digunakan untuk membuat kulit lebih sehat.

Dilansir dari Stylecraze, kandungan Lauric Acid dalam minyak kelapa, ternyata merupakan jenis acid yang paling efektif dalam menahan pertumbuhan bakteri dibanding 30 jenis acid lainnya. Ini menjadi alasan masuk akal untuk menggunakan minyak kelapa untuk perawatan, termasuk perawatan kulit wajah dalam bentuk masker.

"Minyak kelapa punya kombinasi lemak alami yang membuatnya berguna buat kulit," ujar ahli dermatologi Mount Sinai Hospital, New York, Amerika Serikat, melansir situs kesehatan Prevention.

Selain bermanfaat untuk keindahan rambut seperti di lansir dari Fimale, minyak kelapa juga bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. Berikut tiga manfaat minyak kelapa untuk kecantikan kulit yang mungkin belum kamu tahu.

Membersihkan kulit maksimal

Jika kamu mencari pembersih wajah super maksimal minyak kelapa adalah jawabannya. Setelah membersihkan wajah kamu bisa mengaplikasikan minyak kelapa yang telah dicampurkan dengan madu dan oats pada wajah. Pijat wajah dengan campuran scrub minyak kelapa. Lakukan dengan gerakan melingkar, kemudian bilas hingga bersih. Minyak kelapa dan oats bermanfaat untuk eksfoliasi kulit mati, sementara madu dapat melembutkan dan menutrisi kulit. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk hasil yang memuaskan.

Hilangkan noda hitam

Salah satu masalah yang bikin jengkel adalah noda hitam pada wajah. Kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan minyak kelapa yang dicampurkan dengan kunyit dan susu. Aplikasikan masker campuran minyak kelapa ini ke seluruh wajah secara merata. Diamkan 10-15 menit kemudian bilas hingga bersih. Campuran ini sangat bermanfaat karena asam laktat yang terkandung pada susu dapat melembabkan kulit sehingga secara perlahan memudarkan noda hitam pada kulit wajah. Sementara kunyit dan minyak kelapa menutrisi kulit sehingga terlihat lebih sehat noda hitam hilang secara natural.

Meremajakan kulit

Tanda penuaan dini antara lain kulit yang kendur dan munculnya kerutan serta garis halus. Serum dari campuran minyak kelapa dan air mawar bisa membantu meremajakan kulit agar selalu terlihat segar dan cerah.

Nah, apa lagi yang kamu tunggu Ladies? Yuk coba treatment alami dengan minyak kelapa. Treatment alami ini dijamin lebih aman dan minim sekali efek samping.

Berikut ini juga beberapa tips pemanfaatan minyak kelapa demi kulit mulus dan terhindar dari penuaan dini seperti dilansir dari Cnn.

1. Cleansing oil
Penerapan double cleansing untuk memperoleh kulit berkilau marak dilakukan kawula muda. Pembersihan kulit dilakukan dalam dua langkah, menggunakan pembersih wajah berbasis minyak dan sabun pencuci muka.

Minyak kelapa bisa dimanfaatkan sebagai cleansing oil karena kandungan antibakteri, antijamur, dan pelembap yang dimilikinya. Cukup gosok minyak kelapa pada wajah dengan gerakan melingkar. Setelahnya, cuci wajah dengan sabun pencuci muka.

2. Masker
Racik masker Anda sendiri dengan campuran minyak kelapa. Lengkapi dengan bubuk kunyit yang berkhasiat untuk meredakan inflamasi, perasan lemon untuk mencerahkan, dan madu yang mampu mengatasi jerawat. Ratakan pada wajah dan diamkan selama 15 menit.

3. Membersihkan riasan mata

Diperlukan kehati-hatian saat membersihkan riasan mata. Tak semua pembersih wajah cocok dengan daerah sekitar mata.

Manfaatkan minyak kelapa untuk membersihkan area mata. Minyak kelapa juga dipercaya dapat membersihkan riasan yang sifatnya tahan air.

4. Jadi krim mata

Mata panda atau kantung mata besar bisa mengganggu penampilan. Penggunaan concealer pun terkadang tak menolong situasi. Sebagai penggantinya, aplikasikan minyak kelapa sebagai krim mata.

Selain untuk mengatasi mata panda, penggunaan minyak kelapa juga bisa mengatasi kekeringan di area sekitar mata karena kondisi cuaca, dehidrasi, atau pertambahan usia.

5. Scrub bibir

Eksfoliasi tak cuma berlaku buat wajah, tetapi juga bibir. Ada beragam produk scrub bibir yang beredar di pasaran. Namun, tak ada salahnya jika Anda membuatnya sendiri dengan mengandalkan minyak kelapa.

Cukup campurkan minyak kelapa, gula merah, dan madu. Gunakan sebagai scrub dengan menggosokkannya pada bibir dan bilas dengan air hangat.

Lihat juga:
Berikut Ini Teknis Cara Menerapkan Wisata Ramah Lingkungan
Sejarah: 30 Tahun Ada, Festival Lembah Baliem Baru Didatangi Menteri
Menjaga Keasrian Taman Wisata Alam Jering Menduyung yang di Dominasi Mangrove
Berikut 8 Jenis Makanan Penyebab Kanker Otak
Thailand untuk Pertama Kali Distribusikan Minyak Ganja Medis
(B Bs)
loading...

0 komentar:

Post a comment