Benarkah Minum Minyak Kayu Putih untuk Pengobatan COVID-19? Begini Faktanya

Benarkah Minum Minyak Kayu Putih untuk Pengobatan Covid-19? Ketahui Begini Faktanya
Ilustrasi. Benarkah Minum Minyak Kayu Putih untuk Pengobatan Covid-19? Ketahui Begini Faktanya. (Foto: blog.mountainroseherbs)

JAKARTA - Forumpublik.com | Beberapa waktu belakangan, sebuah pesan berantai menyebutkan bahwa minum minyak kayu putih bisa mengatasi keluhan COVID-19. Dapat dipastikan informasi tersebut adalah menyesatkan. Sebab, informasi tersebut tidak adanya kejelasan dari mana sumber berasalnya pesan tersebut.

Dikutip dari covid19.go.id, informasi serupa ternyata sudah pernah beredar sebelumnya meski dengan narasi yang agak berbeda. Namun intinya, disebutkan bahwa minum minyak kayu putih bisa menyembuhkan COVID-19.

Faktanya, minyak kayu putih memang bisa diminum asal dalam jumlah sangat sedikit, ataupun beberapa tetes saja. Itupun hanya boleh beberapa tetes dan harus dicampur air putih.

Jika terlalu banyak, bukan manfaatnya yang didapat tetapi justru risiko keracunan. Mengutip forumpublik.com dari haibunda.com, beberapa gejala keracunan minyak kayu putih antara lain keringat berlebih, denyut jantung meningkat, diare, mual-muntah, pusing kepala, gangguan pernapasan dan aliran darah, hingga alergi dermatitis kontak udara.

Lebih lanjut, sebelumnya pernah ada penelitian yang menyatakan bahwa minyak kayu putih bisa membunuh hingga 80 persen virus Corona. Hanya saja, virus Corona yang diujikan adalah jenis Betacorona bukan virus SARS-Cov-2 yang merupakan penyebab penyakit COVID-19.

Pada 9 Maret 2020 lalu, Food and Drug Administration (FDA) dan Federal Trade Commission (FTC) di Amerika Serikat juga sudah mengeluarkan surat peringatan kepada 7 perusahaan yang menjual produk yang tidak disetujui untuk mencegah ataupun mengobati COVID-19 yaitu teh, minyak esensial, tincture, dan koloid perak.

Baca juga: Ketahui "Kaki Bengkak" di Karenakan Gagal Jantung, Berikut Ciri-cirinya

Benarkah minyak kayu putih boleh diminum untuk pengobatan COVID-19?

Dokter spesialis paru Erlang Samoedro yang menangani pasien COVID-19 menyatakan hingga saat ini belum ada satupun obat yang dinyatakan efektif untuk menyembuhkan COVID-19, termasuk minyak kayu putih.

"Semua perlu pembuktian. Sampai sekarang belum ada bukti yang menunjukkan hal tersebut efektif," kata Erlang kepada mengutip dari CNNIndonesia.com, Minggu (03/01/2021).

Pendapat yang sama juga diutarakan Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Inggrid Tania. Inggrid bahkan tidak menyarankan masyarakat untuk meminum minyak kayu putih karena dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

"Tidak dianjurkan untuk diminum. Karena minyak kayu putih yang beredar umumnya bukan lagi yang murni 100 persen. Minyak kayu putih yang ada di pasaran sudah dicampur dengan kerosin, minyak lemak, dan minyak palsu," kata Inggrid dalam webinar Farmasi UI beberapa waktu lalu dan sudah dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Selasa (29/12).

Meminum campuran ini dapat berisiko menyebabkan tubuh keracunan bahan kimia. Selain keracunan, meminum minyak kayu putih juga dapat memberikan efek samping hipoglikemia.

"Ada efek samping hipoglikemia yaitu gula darah menurun drastis apalagi pada penderita diabetes yang meminum obat antidiabetes," ucap Inggrid.

Baca juga: Berikut 8 Manfaat Zat Besi untuk Kesehatan dan Bagi Wanita Hamil

Inggrid kemudian mengatakan bahwa sebaiknya menggunakan minyak kayu putih yang beredar di pasaran untuk pengobatan luar saja.

Sedangkan penggunaan ramuan daun kayu putih yang asli atau Melaleuca cajuputi dapat diminum secara langsung. Inggrid membagikan ramuan yang bisa digunakan untuk demam, batuk, dan pilek.

"Siapkan 12 gram daun kayu putih segar dan dua gelas air atau 400 ml. Lalu, rebus daun tersebut hingga air tersisa setengahnya," paparnya.

Inggrid mengatakan potensi kayu putih untuk menjadi obat virus corona masih perlu dilakukan rangkaian penelitian panjang mulai dari uji in-vitro, in-vivo, dan uji klinis. Namun, kayu putih dapat diuji untuk antiinflamasi dan mengurangi gejala akibat infeksi dan inflamasi.

Jadi melihat fakta sebenarnya diatas yakni minyak kayu putih tidak bisa menyembuhkan COVID-19 ya! Jika mendapat penjelasan bahwa meminum minyak kayu putih bisa menyembuhkan COVID-19, itu jelas tidak benar dan menyesatkan alias hoax.

0 komentar:

Post a comment