Kronologi Penangkapan Kapolsek Astanaanyar Bandung dan Proses Pencopotan Usai Tertangkap Narkoba

Kronologi Penangkapan Kapolsek Astanaanyar Bandung dan Proses Pencopotan Usai Tertangkap Narkoba
Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri. (ANTARA/HO-Humas Polda Jawa Barat)

BANDUNG (JAWA BARAT) - Forumpublik.com | Penangkapan Oknum Kapolsek bersama 11 anggotanya yang diamankan oleh Propam Polda Jawa Barat (Jabar) dan Mabes Polri atas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika jenis sabu, gegerkan publik. Kapolsek Astanaanyar Kompol YP diduga diamankan dalam sebuah hotel bersama 11 anggotanya pada Selasa (16/2/2021).

Penangkapan ini diperkuat dengan hasil tes urine menunjukkan mereka positif amphetamine diduga mengonsumsi narkoba jenis sabu.

Saat ini, 12 anggota Polri yang bertugas di Polsek Astanaanyar menjalani pemeriksaan intensif di Bid Propam Polda Jabar. Jika terbukti menyalahgunaan narkoba, mereka terancam sanksi penundaan kenaikan pangkat dan dipecat dari Korps Bhayangkara.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jabar Kombes Erdi Ardimulan Chaniago menjelaskan penangkapan Kapolsek Astanaanyar tersebut berawal dari laporan masyarakat ke Mabes Polri.

Laporan tersebut lantas ditindaklanjuti oleh pihak Propam Polda Jabar. Mereka langsung bergerak dengan menangkap salah satu anggota Polsek Astanaanyar.

Salah satu anggota itu diamankan di Polda Jabar. Saat ditangkap, hasil pemeriksaan cek urine menunjukkan hasil positif narkotika.

"Mereka diamankan di sini (Polda Jabar), sedang menjalani pemeriksaan. Dari pemeriksaan cek urine yang dilakukan, beberapa di antaranya positif," ujar Erdi, dilansir dari CNN Indonesia.

Erdi mengatakan meski hasil urine positif menggunakan narkoba jenis sabu, namun tidak ditemukan barang bukti. Meski demikian, ada satu kasus ditangani oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Jabar yang terdapat barang buktinya.

"Tapi yang di polsek itu tidak ada barang bukti dan kebetulan ada beberapa orang yang positif setelah dicek urinenya. Ini yang akan didalami," katanya.

Sementara itu, petugas juga berhasil mengamankan Kompol YP. Hasil tes urine terhadap Kompol YP positif mengandung zat amphetamine atau sabu.

Baca juga: Dua Gadis Hilang Usai Selepas Mengaji Akhirnya Kembali, Jumainih Menangis Haru

Kronologi Penangkapan Kapolsek Astanaanyar Bandung dan Proses Pencopotan Usai Tertangkap Narkoba
Kapolsek Astana Anyar Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi. (Foto: Instagram/@polsekastanaanyar)

Pencopotan Kapolsek Astanaanyar Bandung


Atas perbuatan Kompol YP, saat ini sudah dimutasi sebagai perwira menengah (Pamen) Polda Jabar untuk dalam rangka proses penyidikan.

Pencopotan itu tertuang dalam surat telegram Kapolda Jabar dengan nomor ST/267/II/KEP/2021. Surat telegram itu diteken pada 17 Februari.

Selanjutnya, posisi Kapolsek Astanaanyar yang baru dijabat Kompol Fajar Hari Kuncoro.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri menyatakan telah mencopot Kompol YP dari jabatan Kapolsek Astanaanyar karena diduga terlibat dan mengonsumsi narkoba bersama belasan anggotanya.

"Kepada yang bersangkutan (Kompol YP), tentunya sudah dilakukan pencopotan dari jabatannya sebagai Kapolsek," kata Ahmad Dofiri di Polrestabes Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (17/2/2021), mengutip dari Antara.

Menurut dia, Polda Jawa Barat sangat menyayangkan tindakan anggotanya itu yang diduga terlibat dengan barang terlarang.

Ditegaskan Dofiri bahwa kepolisian berkomitmen untuk menindak tegas anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba agar tidak ada anggota lainnya yang terlibat lebih jauh.

"Tentunya kami akan ambil langkah dan tindakan tegas agar pembelajaran bagi yang lain, jangan sampai ikut-ikutan seperti itu," kata dia.

Lanjutnya mengatakan, Kompol YP serta belasan anggotanya itu telah diamankan oleh Propam Polda Jawa Barat pada Rabu (17/2/2021) karena diduga terlibat penyalahgunaan narkoba.

Propam Polda Jawa Barat masih melakukan pendalaman terkait kasus tersebut, sehingga saat ini masih belum ada kepastian hukum kasus itu. Namun, Kompol YP dipastikan telah dicopot dari jabatannya.

Meski demikian, Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago memastikan layanan di Polsek Astanaanyar berjalan dengan normal. Personel lainnya yang sementara dipimpin oleh Wakil Kapolsek masih bekerja dengan optimal.

"Roda organisasi harus terus berjalan, sistem sudah berjalan walaupun ada yang tidak hadir," kata Erdi.

Untuk diketahui, Kompol Yuni Purwanti (YP) sendiri memiliki rekam jejak yang terbilang moncer di lingkungan Polda Jabar. Sebelum ke Kota Bandung, ia menjabat sebagai Kasat Narkoba Polres Bogor.

Tak hanya di situ, YP juga sempat bertugas di Direktorat Reserse Narkoba Polda Jabar. Dalam jabatannya sebagai kapolsek di Bandung, YP sudah tiga kali menggenggam tongkat kepemimpinan tersebut.

Polsek yang pernah dipimpin YP di antaranya Polsek Bojongloa Kidul, Polsek Sukasari, dan Astanaanyar.

Lihat juga:
Operasi Yustisi Gabungan di Kedung Waringin, Berikan Efek Jera Kepada Pelanggar Prokes
Dua Gadis Hilang Misterius Selepas Ngaji
Dampak Pandemi COVID-19, Pengrajin Batu Bata Sepi Pembeli
Kurang Dari 3 Bulan, Dua Proyek Rigid Beton Aspirasi PKS Pecah-Pecah
Disbudpar Indramayu Resmikan Wisata Air Terjun, Di Masa Pandemi COVID-19

Editor: Manto

0 comments:

Post a Comment