Organisasi Teroris, Inggris Larang Kelompok Neo-Nazi Berdasarkan Undang-undang Anti Teror

Organisasi Teroris, Inggris Larang Kelompok Neo-Nazi Berdasarkan Undang-undang Anti Teror
Anggota Neo-Nazi "The Base" mencoba merawat remaja di Inggris dan di tempat lain sebagai rekrutmen. (Foto: Propaganda/BBC)

INGGRIS - Forumpublik.com | Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel melarang sebuah kelompok neo-Nazi Amerika yang dipimpin dari Rusia "The Base", sebab sebagai organisasi teroris.

Priti Patel mengutuk "kelompok supremasi kulit putih jahat, yang menargetkan orang-orang yang rentan di seluruh dunia".

"Kelompok neo-Nazi akan menjadi kelompok sayap kanan ekstrem kelima yang dilarang di Inggris berdasarkan Undang-undang (UU) anti-teror," ungkap Priti Patel melansir dari BBC, Selasa (13/07/2021).

Tahun lalu BBC Panorama melaporkan akan upaya perekrutan organisasi di Inggris.

Penyelidikan BBC juga mengekspos pendiri Amerika kelompok itu Rinaldo Nazzaro dan mengungkapkan bagaimana dia mengarahkan The Base dari rumahnya di St Petersburg.

The Base yang dibentuk pada tahun 2018, berusaha menciptakan sel-sel teroris di AS dan negara-negara lain dalam upaya untuk mendirikan negara-negara etno fasis dan putih melalui "perang ras".

Anggota telah terlibat dalam pelatihan dengan senjata dan bahan peledak. Beberapa orang yang terkait dengan kelompok itu sedang dituntut di AS atas pelanggaran termasuk konspirasi pembunuhan.

Baca juga: Negara Kelompok G7 Bakal Reformasi Pajak Global Terhadap Facebook, Google dan Amazon

Grup ini telah sangat terganggu, meskipun tokoh-tokoh terkemuka seperti Nazzaro tetap aktif.

"Larangan resmi di Inggris, yang akan mulai berlaku minggu ini jika disetujui oleh anggota parlemen, akan membuat keanggotaan atau dukungan untuk kelompok itu pelanggaran terorisme dengan hukuman maksimal 14 tahun penjara," kata Priti Patel.

Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri mengatakan kelompok itu berbagi tujuan dan ideologi dengan Divisi Atomwaffen, dan alias Ordo Sosialis Nasional, yang dilarang awal tahun ini.

Kelompok ekstremis sayap kanan lainnya yang dilarang sebagai organisasi teror adalah National Action dan Sonnenkrieg Division, keduanya dibuat di Inggris serta Divisi Feuerkrieg yang didirikan di Estonia.

Penyelidikan Panorama terhadap The Base, BBC mengekspos bagaimana Nazzaro dan pria lain mewawancarai dan merawat rekrutan muda dari Inggris dan negara-negara lain.

Penyelidikan menunjukkan bagaimana anggota kelompok terkemuka lainnya, Matthew Baccari, menjalankan forum online neo-Nazi terkenal yang terkait dengan beberapa penuntutan terorisme di pengadilan Inggris.

Nazzaro, yang dulu bekerja untuk FBI dan Pentagon, pindah ke Rusia sekitar waktu ia menciptakan The Base.

Pada bulan November wawancara panjang dengan Nazzaro disiarkan di televisi negara Rusia.

Lihat juga:
Kelompok Tujuh (G7) Negara Maju Sepakat Targetkan Pajak 15 Persen dari Raksasa Teknologi
Peneliti Indonesia Nurjati Siregar, Temukan Parasit Malaria Bersembunyi di Limpa
Harga Minyak Naik atas Pelonggaran Lockdown Eropa dan Permintaan AS
Prototipe Terbaru SpaceX Starship, Sukses Lakukan Pendakian dan Pendaratan
Kerusuhan di Capitol Hill, Larangan Trump di Facebook Ditegakkan oleh Dewan Pengawasan Saat Ini

Editor: Rianto

0 comments:

Post a Comment