Kantor Pos Dumai Alokasikan Dana BST ke Masyarakat

Kantor Pos Dumai Alokasikan Dana BST ke Masyarakat
Warga Masyarakat yang datang ke Kantor Pos Dumai untuk mengambil dana bantuan BST dari Kemensos, Senin (11/05/20). (Foto: Dnst-Endy Castello/Forumpublik.com)

Dumai (Riau) - Forumpublik.com | Kantor Pos Indonesia Cabang Dumai alokasikan bantuan agar tepat sasaran pada masyarakat kota Dumai dengan Data dari Kemensos Jakarta Pusat.

Hal ini bertujuan agar masyarakat mengetahui dan memahami antara lain bantuan tersebut di sesuaikan dengan pemilik KK dan KTP si penerimaan BST.

Adapun data penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) hasil laporan pihak Kementerian sosial pada kantor Pos Indonesia cabang Dumai.

Kepala Kantor Pos Dumai Pupung Hls melalui Helysa Rizal sebagai Ketua Satgas BST, menyampaikan, penyaluran dana BST dari Kemensos adalah bantuan tunai dari data Kelurahan Masing-masing yang besarannya Rp.600 ribu per bulan direncanakan selama 3 bulan.

"Jadi, BST dari Dana Kamensos diberlakukan untuk penyalurannya  3 tahap," ucap Helysa Rizal   di Kantor Pos Dumai, Senin (11/05/20). 

Helysa Rizal lebih lanjut menjelaskan, bahwa untuk tahap pertama penyaluran alokasi dana BST akan dampak pamdemi Covid-19 telah dicairkan pada warga Kelurahan Bulu kasap dan sudah selesai. 

"Untuk Kelurahan Tanjung Palas jumlah penerima 390 lebih kurang dan kini masih berjalan penyalurannya. Untuk alokasi di Kelurahan Teluk Binjai nanti, sebab baru alokasi pada giliran Kelurahan Bukit Batrem terlebih dahulu, 300 penerima BST," ungkap Helysa Rizal.

"Di karenakan data dari Kelurahan Jaya Mukti belum masuk pada pihak kantor Pos, kini tertunda. Sementara dialihkan dulu yang sudah ada data masuk dari Kelurahan Bukit Batrem," papar ketua Satgas BST tersebut.

Baca juga: Kamis, BLT Kemensos akan di Salurkan Melalui Kantor Pos Dumai

Helysa Rizal menyampaikan harapannya, semoga saja bagi penerima bantuan Sosial ini, dapat bermanfaat untuk masyarakat kota Dumai, apalagi dalam kondisi situasi Covid-19 ini.

Masih Helysa Rizal, yang dibantu dari dana BST ini adalah warga masyarakat yang penghasilannya terdampak Covid-19, penyaluran sesuai data yang ada dan secara bergiliran diberikan bantuan BST dan ada juga terlambat di karenakan data belum masuk, salah satu contoh pihak Kelurahan Jaya Mukti.

"Kita akan menunggu data masuk, maka akan di tunda untuk sementara waktu di karenakan datanya belum masuk maka di gantikan untuk pengalokasian pada Kelurahan Bukit Batrem dulu," papar Helysa Rizal.

"Untuk penyaluran alokasi Tahap II dan Tahap III, kami meminta sabar menunggu informasi berikutnya dengan  data berlanjut yang diberikan pihak Kemensos ke Kantor Pos Indonesia," tutupnya.

Untuk diketahui bahwa BLT Kemensos adalah adalah bantuan bentuk Tunai Berdasarkan Sosialisasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dinas Sosial diperuntukkan bagi rata-rata perkotaan atau kelurahan dan juga Desa.

BLT APBD adalah juga bantuan Tunai Dari Dinas Sosial juga diperuntukkan bagi masyarakat yg belum Dapat BLT Dana Desa atau lainnya.

Untuk bantuan Sembako juga akan dibagikan kepada warga masyarakat kota Dumai yang bersumber dari pemerintah pusat langsung dari anggaran APBN yang berupa bahan makanan. 

Lihat juga:

Penulis : Dnst-Endy Castello
Editor: Tonang

loading...

0 komentar:

Post a comment