Kelurahan Buluh Kasap akan Terapkan Program Swasembada Pangan

Kelurahan Buluh Kasap akan Terapkan Program Swasembada Pangan
Lurah Buluh Kasap saat bersama Babinsa Aipda Wawan, Babinkamtibmas Bripka Dany Jambak, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Ibrahim, Ketua RT se Buluh Kasap dan Karang Taruna Buluh Kasap yang akan menerapkan Program Swasembada Pangan di Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan. Dumai Timur, Kota Dumai, Riau, Senin (22/6/20). (Foto: Dnst-Endy Castello/Forumpublik.com)

Dumai
(Riau) - Forumpublik.com
Ganda Prawiranata Lurah Buluh Kasap, guna untuk mensejahterakan Warga masyarakat, membangun perekonomian dan mutu sumber daya manusia akan menerapkan Program Swasembada pangan di Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan. Dumai Timur, Kota Dumai, Riau.

"Selama jabatan saya, ingin berbuat amanah dan fathonah  yang artinya intelektual ataupun dengan yang bijaksana," ucap Ganda Prawiranata di ruang kerjanya, Senin (22/6/20).

Ganda menjelaskan, hal ini dilakukan untuk mengubah mindset ataupun pola pikir warga masyarakat khususnya di Kelurahan Buluh Kasap, supaya lebih maju dengan berfokus pada kualitas daripada kuantitas.

Ganda juga mengatakan, bahwa hal ini dilakukan atas komitmen strategi kinerja dan dukungan dari unsur Babinsa Aipda Wawan, Babinkamtibmas Bripka Dany Jambak, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Ibrahim, Ketua RT se Buluh Kasap dan Karang Taruna Buluh Kasap.

"Proses program untuk mensejahterakan warga masyarakat ini, bertujuan juga untuk dapat menjadi contoh dikota Dumai," papar Ganda.

"Kita melakukan proses program ini dengan jemput bola dana pusat untuk pembangunan salah satu Swasembada pangan, dengan pemanfaatan lahan tidur yang ada terletak di jalan Hangtuah berkisar 50mX50m, ataupun minimal 1 Heaktar lahan dari pemilik tanah yang tidak terpakai," tutur Ganda.

"Hal ini demi kepentingan masyarakat, lahan yang tidak terpakai akan digunakan dari pada mubajir. Lahan tersebut kita gunakan di bidang pertanian, kita manfaatkan. Mengingat masa pandemi Covid-19 belum tau kapan berakhir, dan ini juga merupaka dari program pak Kapolri prihal Swasembada pangan," papar Lurah.

Baca juga: BPBD Dumai Terima 1 Unit Armada Baru dari Dana DBH-DR Rp.1,5 Milyar

Lebih lanjut Ganda menyampaikan, salah satu contohnya akan menyondingkan ke Jakarta terkait wacana proses program swasembada pangan atas kebersamaan masyarakat di Buluh Kasap pada pak Menteri di bidang pertanian sebagai relasinya RI 2.

Harapan Lurah yang sudah menjabat 5 bulan ini, ingin maju selama memimpin dan untuk melayani warga masyarakat selaku Lurah.

"Kita akan melakukan terapan hilangkan kesenjangan sosial antar warga masyarakat satu sama lainnya dengan mengutamakan kebersamaan dalam satu kekompakan yang bersinergi. Di lingkungan dikalangan RT harus terus di bangun hubungan Humanis dan keharmonisan bermasyarakat," urainya.

"Karena yang lebih tau keadaan lingkungan sekitarnya adalah RT. Bersama Babinkamtibmas, kami juga sudah ada melakukan pelatihan dan pembinaan terkait bidang Swasembada pangan sebagai pemandu untuk masyarakat kelurahan Buluh kasap," tutupnya.

Lihat juga:

Penulis : Dnst-Endy Castello
Editor: Tonang

loading...

0 komentar:

Post a comment