Satu Warga Ratu Sima Positif Covid-19 Dari Hasil Tes Sputum Pasien

Satu Warga Ratu Sima Positif Covid-19 Dari Hasil Tes Sputum Pasien
ES, warga Ratu Sima, Kecamatan Dumai selatan kota Dumai yang positif Covid-19, diketahu dari hasil tes cek dahak (Sputum) oleh tim dari Puskesmas Sei Sembilan saat dijemput oleh tim Dinas kesehatan dari Puskesmas Dumai Selatan, Puskesmas Sei Bilan dan didampingi Bhabinkamtibmas Bripka Daud dan Babinsa, guna serangkaian pemeriksaan, pengobatan dan perawatan di RSU Dumai, Senin (22/6/20). (Foto: Dnst-Endy Castello/Forumpublik.com)

Dumai
(Riau) - Forumpublik.com
Satu warga Positif Virus Corona (Covid-19) di Kelurahan Ratu Sima, Kecamatan Dumai selatan kota Dumai, yang diketahui dari hasil tes cek dahak (Sputum) oleh tim dari Puskesmas Sei Sembilan.

Adapun warga yang positif Covid-19 tersebut adalah inisial ES.

Untuk memastikan keberadaan Es, Bhabinkamtibmas Bripka Daud dan Babinsa, mendampingi tim Dinas kesehatan dari Puskesmas Dumai Selatan, Puskesmas Sei Bilan.

Suratno selaku RT.02 mengatakan kaget dengan kedatangan tim Dinas Kesehatan Puskesmas di wilayah RT.02.

"Setelah berkoordinasi terhadap kita, ternyata bukan di RT saya, dan ditelusuri pasien ES berada di RT.01," papar Suratno, Senin (22/6/20).

Setelah diketahui, pasien ES kelahiran Solok, beralamat di jalan. Kenari RT. 01 Kelurahan Ratu Sima, Kecamatan Dumai Selatan, para Tim kesehatan itu langsung menuju Rumah tersebut untuk melakukan penjemputan guna perawatan yang lebih baik terhadap pasien.

M Enda, selaku Lurah dari Ratu Sima, membenarkan peristiwa tersebut.

"Benar, salah satu warga saya dalam penjemputan dari Tim kesehatan, berikut didamping Babinkantibmas, Babinsa dan RT, dari tempat Pasien berdomisili," ucap Lurah via Celluler.

Baca juga: Wisata Pancing Mania Bina Lestari Desa Tanjung Gemuk Resmi Di Buka Untuk Umum

Lanjut Enda mengatakan, kronologi peristiwa bermula dianggap positif Covid-19, adalah pada saat aktivitas sehari-harinya Bapak ES bedagang keliling.

"Lalu ada Tim dari Puskesmas Sei Sembilan melakukan serangkaian tes cek dahak kala itu terkait virus covid-19, ternyata hasilnya didapati Bapak ES Positif Covid 19," papar Enda.

"Menyikapi hal tersebut, maka Tim Gugus tugas Covid 19 segera melakukan pengecekan lebih lanjut dengan membawa Bapak ES ke Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Dumai guna serangkaian pemeriksaan, pengobatan dan perawatan," sebut Lurah.

Sementara keterangan dari pihak juru bicara Gugus Tugas Covid-19 kota Dumai, Dr.Saiful melalui Via Cellulernya belum ada tanggapan.

Dari hasil konfirmasi berlanjut, Babinkantibmas Bripka Daud, mengatakan, kemungkinan besok akan dijadwalkan pukul 09.00 WIB untuk pemeriksaan keluarga korban juga di Puskesmas Dumai Selatan. Dan dibenarkan keterangan RT.02 pak Suratno saat menuju kerumah warga masyarakat atas peristiwa penjemputan pasien positif Covid-19.

Daud menyampaikan, adapun nama keluarga Bapak Ersa pengidap covid-19 atau SartCov2 dari keluarga satu rumah untuk diperiksa lagi apakah ada hubungan tertular Virus Corona (Covid-19) yaitu:

1. SM, pr, Sianok 13 - 07 - 1965, istri, sesuai alamat ada.
2. HS, pr, Dumai 12 - 11 - 1994, anak ke 6, dari alamat yang ada.
3. IH, lk, Dumai 12 - 03 - 1999, anak ke 7, alamat yang ada.
4. NZ, pr, Dumai 29 - 09 - 2002, anak ke 8, dari alamat yang ada.

"Selama proses evakuasi korban dari rumah ke RSUD, selesai pukul 13.00 WIB, situasi aman terkendali dengan di bantu pihak Babinkamtibmas dan Babinsa," tutupnya.

Lihat juga:

Penulis : Dnst-Endy Castello
Editor: Tonang

loading...

0 komentar:

Post a comment